Kamis, 16 Desember 2010

X-Tools Pro ArcGis

Dalam dunia mapping/ pemetaan, software ArcGis merupakan sebuah generasi paling canggih dari jenis software SIG, generasi sebelumnya kita kenal adanya ArcView. Kini ArcGis merupakan sebuah software mutlak (karena saya selalu pakai yang ini, hehe) untuk menghasilkan sebuah visualisasi spasial 2d dan 3d yang baik. Arcgis memberikan kemudahan dalam memanipulasi visualisasi spasial suatu objek, membantu dalam analisis spasial, bahkan juga analisys statistik spasial.
Untuk mendukung kinerja ArcGis, tidak ada salahnya jika kita menambahkan beberapa aplikasi penunjang yang memudahkan kita dalam mengolah data spasial. Salah satu aplikasi tersebut adalah X-Tools. X-Tools merupakan satu set kumpulan tool yang berguna untuk mengedit vektor, table, shape conversion dll, sehingga memberikan lebih banyak kemudahan dalam bekerja menggunakan ArcGis.

Sebenranya sih, X-Tools itu erupakan hasil dari model builder yang dirancang untuk membuat Tool baru, memperpendek langkah kita dalam memanipulasi data spasial. Intinya sih, kalo kita males ribet dengan Tool standart pada ArcGis, maka X-Tools bisa menjadi alternatif bantuan untuk mempermudah kita.
Jika anda berminat, silahkan mengunjungi website pengembangnya, sekedar info, sampai sekarang ini saya sendiri masih kesulitan mendapatkan full version nya,,, (hehe)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar